"PASHION"


Maret, Bandar Lampung. By: Devi Chantika
      Membicarakan tentang pashion berarti  kita membicarakan tentang perkembangan mode pakaian keseluruhan yang sedang menjadi trand pada saat ini. sebelum kita 
membicarakan pashion lebih jauh saya akan menjelaskan mengenai pashion.

    Dengan Pashion yang elegan dan modis dapat menunjang penampilan kita kesehariannya, bukan hanya indah dipandang namun pashion juga merupakan lis dari karakter kita sendiri.
selain nyaman di pakai tetapi juga mempercantik penampilan saat beraktifitas.
eeeettss, selanjutnya akan saya jelaskan di bawah ini mengenai PASHION.
Apa sih Pashion itu ?  
simak selanjutnya yah dibawah ini 
 


A). Definisi Fashion
Definisi Fashion adalah setiap mode pakain atau perhiasan populer selama waktu tertentu atau pada tempat tertentu. istilah pashion sering digunakan dalam arti positif sinonim untuk glamour, keindahan gaya atau stye yang terus mengalami perubahan dari satu periode ke periode berikutnya, dari generasi ke generasi.
fashion generasi juga berfungsi sebagai refleksi dari status sosial dan ekonomi fungsi yang menjelaskan popularitas banyak gaya sepanjang sejarah kostum.
Fashion atau mode semakin menjadi industri yang menguntungkan di dunia internasional sebagai akibat dari munculnya rumah-rumah mode terkenal dari majalah pashion.


       Pashion sering kali sudah jadi dambaan setiap kaum wanita dan pria, namun lebih berdominan wanita, tentu saja karena dari atas sampai bawah sangatlah harus diperhatikan cara berpakaian yang benar-benar cocok saat di pakai, baik itu keseharian biasa maupun di acara tertentu. 
Seperti gambar yang di atas tersebut merupakan Pashion yang di gunakan saat diacara tertentu seperti Kondangan atau bisa disebut pesta.
 B). Perkembangan Pashion 

Perkembangan Trend pashion di indonesia sangat dipengaruhi budaya Eropa dan barat atau kebarat-baratan.
Fashiondi Indonesia telah berkembang dengan baik dalam sejarah. pada tahun 1960 dunia mode indonesia telah menunjukan potensi dan bakat yang luar biasa. Dalam perkembangan awalnya fashion indonesia cenderung meniru gaya barat baik dalam bahan yang digunakan maupun desain. 
secara usia, orang tua di indonesia  lebih nyaman kostum tradisional seperti kebaya khususnya menghadiri di acara khusus.berbeda dengan usia muda yang sering lebih tampil dengan mode gaya kebaratan.
hingga saat itu busana tradisional secara harmonis berkembang sama baiknya dengan desain gaya barat hingga saat ini.➧Perkembangan trend fashion di Indonesia didorong oleh beberapa faktor yaitu Media Massa, Dunia Entertainment, Dunia Bisnis, dan Internet. Hal ini akan membuat para desainer lebih mudah mengakses dan mengetahui tentang trend fashion yang sedang populer untuk menciptakan variasi dalam fashion.
  • Media Massa
Tidak dapat dipungkiri dampak dari media massa terhadap masyarakat, termasuk trend fashion. Media massa selalu menyajikan informasi termasuk, informasi seputar dunia fashion. Melalui kedua media ini, trend fashion seakan disosialisasikan kepada masyarakat dan itulah trend fashion yang harus diikuti. Masyarakat sudah tentu melihat trend fashion yang ditampilkan dalam setiap acara di televisi.

  • Dunia Entertainment
Dunia Entertainment merupakan salah satu faktor yang sangat besar dalam menyebarluaskan trend fashion kepada masyarakat. Para selebritas yang selalu muncul di berbagai media dan menjadi idola, selalu berganti mode busana mengikuti trend fashion. Hal ini bisa menjadi penyebab masyarakat untuk mengikutinya. Sudah menjadi hukum alam jika sang idola mengikuti trend fashion tertentu bahkan juga bisa menjadi trendsetter, pasti akan diikuti oleh masyarakat.yang menjadi penggemar mereka.

  • Bisnis
Dunia bisnis juga merupakan salah satu faktor berkembangnya trend fashion di Indonesia. Mengingat dari banyaknya permintaan di pasar terkait dengan trend fashion yang sedang berkembang. Demi mendapatkan keuntungan, para penjual berlomba memanfaatkan trend fashion yang sedang populer untuk menarik para pembeli. Dengan menambahkan imajinasi mereka dalam merancang busana, trend fashion akan dengan mudah berkembang luas. Ibarat bola salju, langkah ini juga diikuti oleh penjual busana yang lainnya.

  • Internet
Internet juga menjadi faktor penyebarluasan trend fashion. Tentu saja informasi mengenai trend fashion terbaru akan cepat menyebarluas di masyarakat.
Pada tahun 2000-an banyak nama - nama baru yang muncul sebagai desainer berbakat di Indonesia yang memiliki karakteristik tersendiri dan gayanya yang independen yaitu seperti Sally Koeswanto, Tri Handoko dan Irsan. 
         Sementara yang lain membuat desain yang mengadopsi gaya barat seperti Edward Hutabarat dan Anne Avantie, yang mendedikasikan kreasi mereka dengan mendesain kostum tradisional dengan nama ‘Blus Kebaya’ dan terdapat sentuhan modern. Dengan adanya kostum tersebut, membuat busana tradisional Indonesia terlahir kembali dan dicintai oleh kalangan muda sehingga mereka lebih menghargai seni tradisional.
Belakangan ini, sudah banyak media yang menyajikan beragam informasi menarik tentang dunia fashion di Indonesia. Perkembangan dunia fashion di Indonesia mengalami peningkatan di beberapa dekade terakhir. Hal ini didukung oleh berbagai sisi, baik itu dari sisi designer lokal yang kini semakin potensial, tingkat perekonomian yang membaik, sampai sektor ritel yang ikut serta mengalami perkembangan pesat.
Dalam perkembangan dunia fashion, pihak yang memegang peran penting adalah APPMI ( Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia ) yang merupakan suatu pengaruh dalam perkembangan dunia fashion di Indonesia. Selain para pelaku APPMI, ada juga pihak - pihak yang bergerak dalam fashion retail dan eskpor. Mereka tentunya memiliki program tahunan, yaitu Fashion Tendance yang sudah diadakan sejak tahun 1993 hingga saat ini masih terus menjadi suatu acara festival tersendiri. Melalui Fashion Tendance biasanya akan menampilkan sebuah fashion show, dimana acara tersebut akan menampilkan prediksi trend fashion di tahun yang akan datang.

Jenis fashion yang paling cepat perkembangannya di dunia fashion yaitu adalah baju, karena baju lebih cepat pergantian modelnya dan juga merupakan item yang paling banyak dibeli oleh masyarakat di bandingkan dengan produk lainnya. Peringkat selanjutnya diikuti oleh tas, dan sepatu. Setiap orang tentunya memiliki pilihan baju lebih banyak di bandingkan tas dan sepatu.
Di tahun 201 ini, pasti trend fashion akan terus berganti dan berkembang. Menurut beberapa ahli terkait fashion, mereka memprediksikan fashion yang akan booming di tahun 2018 yaitu seperti Adroit, Aliance, Veracious, dan BIometics.

  • Adroit adalah trend fashion yang merupakan pakaian celana pendek dengan warna yang mencolok seperti warna orange, biru, ungu, dan putih polos. Model ini banyak digemari oleh para remaja jaman sekarang, karena warnanya yang menarik dan juga mencolok.
  • Trend fashion yang diprediksi akan paling banyak digemari ditahun 2017 ini adalah Aliance. Model dari fashion ini umumnya warna polos dan model simple dengan konsep membawa pakaian adat tradisional dari beberapa daerah. Model fashion ini juga cocok digunakan untuk gaun atau baju pengantin dan juga baju pesta.
  • Veracious merupakan trend fashion yang mengusung soal baju primitive atau tradisional dengan unsur yang monoton dan juga tidak terlalu ramai dengan hiasan atau pernak-pernik. Model fashion ini dapat diaplikasikan dengan mencari baju tradisional daerah dan dipadukan dengan warna – warna pastel maupun warna – warna yang cerah.
  • Biometics adalah trend fashion yang mengusung warna hijau atau hijau lumut, karena trend fashion ini mendukung untuk gerakan bumi hijau. Model fashion dengan konsep biometics umumnya simple dan lebih banyak model kaos baik oblong maupun polo shirt.